Opini 

Bringing ‘Old School Apps’ To 2010

Bringing ‘Old School Apps’ To 2010

Posted by
Wiku Baskoro

January 12, 2010

old schoolAnda masih ingat dengan mIRC, atau chat room? Ya, ini adalah aplikasi internet yang sangat populer pada jamannya, dan ketika saya bilang sangat populer berarti memang sangat populer. Bagi anda yang kenal internet sejak tahun 1999-2000-an tentu masih ingat kebiaasaan untuk mampir ke internet, masuk ke chat room dan berkenalan dengan tata krama yang khas: asl pls?

Saya tidak tahu pasti apakah trend menggunakan aplikasi ini masih booming atau tidak, tapi yang pasti kalau melihat dari pertumbuhan pengguna social networking atau microblogging seperti Facebook dan Twitter, saya yakin pengguna aplikasi ‘kuno’ ini sudah jauh drastis turun beralih ke aplikasi social networking yang memang menyediakan fasilitas chat, atau user menggunakan YM dan chat di aplikasi email.

Lalu mengapa saya menulis dengan kalimat pembuka seperti ini?

Beberapa hari yang lalu Google mengintegrasikan fasilitas chat mereka di Google Translator Toolkit, kini anda bisa melakukan aplikasi yang berhubungan dengan translator sambil chat dengan relasi anda, tampilan aplikasi chat ini persis sama dengan yang ada di Gmail, terletak di sebelah kiri bawah, dan pop up percakapan akan muncul di kanan bawah halaman utama Translator Toollkit.

googletool

Selain itu ada dua aplikasi dari startup international baru yang bernama Synchtube dan ShareGorve. Synchtube adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan user yang gemar melihat video di YouTube, membuat room bersama teman-teman mereka, di ruang semacam chat room ini user yang mengundang relasi pertama kali kemudian menjadi semacam moderator yang bisa mengatur pemutaran video, dan sambil menonton video yang ada, mereka yang ada di room bisa secara bersamaan saling berkomentar atau berdiskusi real-time.

synchtube

Aplikasi yang satu lagi yaitu adalah ShareGrove, aplikasi ini memungkinkan user untuk menarik relasi dari Facebook dengan aplikasi Facebook Connect dan mengatur percakapan secara private dengan mereka. Anda bisa memilih siapa saja yang ingin diajak berdiskusi siapa saja yang tidak.

sharegrove

Dari 3 aplikasi di atas, saya jadi berpikir, setelah kemajuan internet sampai saat ini, yang salah satunya ditandai dengan social networking serta konten dan aplikasi yang berbasis real time, kini aplikasi yang ada di internet justru kembali lagi pada pola-pola aplikasi beberapa tahun yang lalu. Aplikasi yang membawa konten serta relasi dari social networking seperi chat room dan kemudian menyatukannya di aplikasi yang baru.

Fasilitas chat adalah salah satu fasilitas klasik yang menjadi standar proses kolaborasi dari sebuah aplikasi, dengan popularitas YM, sepertinya Google memang harus mengejar ketertinggalan mereka dengan mengintegrasikan fungsi chat di berbagai layanan berbasis Google. Lalu untuk dua aplikasi yang lain, keterbukaan API membuat aplikasi seperti SynchTube dan ShareGrove bisa berkembang, meski fasilitas yang ada, sekilas cukup sederhana yaitu ruang-ruang untuk chat, tapi dengan konten real-time yang merajalela serta dikembangkan berdasarkan aplikasi yang populer seperti YouTube dan Facebook, maka bisa jadi aplikasi seperti SynchTube dan ShareGrove akan menghadirkan banyak user.

Fasilitas dasar untuk berkolaborasi sepertinya memang tidak akan pernah bisa ditinggalkan, chat, room for chat, groups serta aplikasi lain yang dari dulu telah ada kini bertransformasi dan saling bersinergi dengan aplikasi-aplikasi baru yang banyak bermunculan. Bisa jadi ini pertanda bahwa beberapa aplikasi memang tidak akan pernah hilang dan tidak akan pernak menjadi tidak berguna, beberapa aplikasi yang sudah tidak populer bisa menjadi populer atau berguna kembali, ini jadi mirip prinsip re-use, tentu dengan beberapa perubahan serta memodifikasi dengan kebutuhan jaman sekarang.

Bagaimana pendapat anda? Apakah fasilitas klasik seperti chat, room chat akan menjadi trend kembali jika diintegrasikan dengan fasilitas populer yang ada sekarang? Atau anda punya pendapat lain, jangan lupa untuk share pendapat anda pada kolom komentar.

 



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 


Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×