• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Opini 

Rockto.com: What’s Rock Today!

Rockto.com: What’s Rock Today!

Posted by
Wiku Baskoro

August 25, 2010

Satu lagi startup yang muncul dengan tampilan desain yang cukup menarik, Rockto.com. Pada awalnya saya mengira situs ini adalah situs yang hanya memberikan layanan berupa social bookmarking, namun ternyata social bookmarking hanyalah salah satu bagian atau fitur yang tersedia dari beberapa fitur yang sudah, dan akan ada di Rockto.com.

Kalau berbicara tentang social bookmarking lokal, ada LintasBerita yang cukup terkenal dengan lalu lintas pengunjung yang cukup tinggi, namun perbedaan, selain dari fitur antara Rockto.com dan LintasBerita adalah dari segi tampilan situs mereka.

Beberapa fitur yang ada di Rockto, yang sudah berjalan antara lain, fitur bookmarking serta blog catcher. Untuk fitur bookmarking, cara dan fungsinya mirip dengan social bookmarking lain, pengguna bisa menempatkan tautan dari konten yang ingin dibagikan, baik itu ke situs Rockto dan ke media lain, seperti Twitter atau Facebook.

Tampilan halaman awal Rockto menampilkan kolom semacam timeline yang berisi feed dari bookmark yang dilakukan oleh semua pengguna Rockto, Anda bisa melihat feed dari publik atau yang dibagikan oleh Anda sendiri. Ada pula fitur untuk menyukai suatu bookmark, namun tampilan desainnya bukan jempol atau bintang, melainkan bentuk tangan dengan simbol metal, yang diistilahkan ‘rock’. Pengguna juga bisa memberikan komentar atas bookmark dari pengguna lain.

Seperti yang dijelaskan oleh pihak Rockto lewat email, situs ini menonjolkan aura seru, yang salah satunya adalah dengan ikon metal tersebut, konten yang menarik berarti konten tersebut dikategorikan Rock! Fitur lain yang melengkapi aura seru yang akan mereka sediakan adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengganti background serta elemen warna, jadi tema dari akun pengguna di Rockto bisa dikustomisasi sesuai selera pengguna, namun fitur ini akan dijalankan secara bertahap, pada tahap awal Rockto akan menyediakan dahulu tema-tema desain yang bisa dipilih.

Beberapa fitur yang sedang dikembangkan oleh Rockto antara lain Store serta Poolr, sayangnya pihak Rockto tidak berkenan untuk memberikan penjelasan atas dua fitur yang akan mereka rilis ini.

Rockto juga menyediakan fasilitas frame bar yang akan muncul ketika Anda membuka tautan dari situs Rockto.com, fasilitas yang ada di frame bar ini antara lain, pilihan untuk membagikan ke Twitter, Facebook, serta pilihan untuk masuk ke pengelompokkan kategori topik, pilihan untuk memberikan komentar dan pilihan untuk Rock This! untuk ‘menyukai’ tautan konten yang dibagikan tersebut.

Beberapa fitur yang ada juga masih terdapat banyak bug, Rockto juga menyadari itu, untuk tampilan desain pun mereka menjelaskan masih mengambil dari berbagai sumber serta ukuran dari javascript-nya masih harus dioptimasi, namun mereka mengatakan bahwa tim dari Rockto, yang terdiri dari empat orang ini, akan terus mengembangkan dan menyempurnakan layanan mereka, sekitar bulan depan beberapa fitur ditargetkan bisa digunakan secara lancar.

Rockto dibuat atas pandangan para tim yang ada didalam bahwa pangsa pasar yang jelas untuk layanan web di tingkat lokal adalah berita dan e-commerce, dan peluang inilah yang ingin mereka ambil.

Tidak lengkap sepertinya jika saya tidak menanyakan tentang masalah monetisasi, Rockto menjelaskan bahwa rencana untuk mendapatkan masukan bagi layanan mereka akan didapat dari Store, Iklan dan Advertorial.

Mereka juga terbuka untuk melakukan kerjasama dengan para blogger di Indonesia, namun akan dilakukan secara bertahap, awal tahun depan baru mereka merencanakan kerjasama ini. Untuk blogger, Rockto memberi bocoran informasi bahwa nantinya para blogger bisa melakukan klaim atas blog mereka di Rockto, dan nantinya akan dilengkapi dengan layanan statistik untuk melihat perkembangan konten mereka di Rockto.

Selain tampilan akan menjadi menarik untuk melihat layanan dari Rockto ke depannya, desain yang bagus adalah salah satu bagian penting, meski bukan yang terpenting bagi startup, sayangnya, seperti juga kekurangan dari banyak startup lokal, Rockto tidak menyediakan informasi yang cukup lengkap tentang layanan mereka, jangankan blog yang memberikan penjelasan tentang perkembangan layanan, kolom About serta FAQ saja tidak tersedia.

Anda punya komentar, kritik atau pendapat tentang Rockto.com, Anda bisa memberikan pendapat Anda pada kolom komentar.

 



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 


Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×