• Tip: Opinions and analysis in English by our editor Aulia Masna. Read it here

Berita  Review 

Versi Terbaru Dari Rockto.com

Versi Terbaru Dari Rockto.com

Posted by
Wiku Baskoro

July 4, 2011

Layanan social recommendation platform Rockto.com meluncurkan pembaruan atas layanan mereka dan menambahkan beberapa fasilitas tambahan. Pembaruan kali ini cukup besar terutama dari sisi tampilan dan fasilitas personalisasi pengguna layanan Rockto.

Yang paling awal terlihat bisa jadi adalah tampilan mereka, Rockto.com kini menampilkan elemen hitam dan latar belakang putih dan abu sebagai warna layout mereka, Anda juga bisa menemukan beberapa perubahan elemen desain seperti pada jumlah poin serta button yang berfungsi juga sebagai informasi keterangan Followers, Following dan jumlah Post. Elemen ‘rock’ serta stream konten yang juga saya lihat berubah.

Mustafa Kemal dari Rockto.com menjelaskan beberapa perubahan yang telah mereka luncurkan di layanan Rockto.com, yang pertama adalah tahap registrasi yang kini jika pengguna baru bisa langsung memilih topik yang mereka sukai, sehingga personalisasi dari akun di Rockto bisa langsung menunjukan ‘kepribadian’ mereka sesuai dengan minatnya.

Kemudian jika Anda telah memiliki akun dan membuka halaman akun pengguna lain akan muncul minat mereka yang telah mereka pilih pada bagian atas, perubahan tampilan juga terjadi di kotak profil, elemen button jumlah follower dan following kini ditambahkan efek tertentu. Masih di tampilan profil, kini Anda bisa melihat usulan teman dan fasilitas pencarian teman, Anda bisa mendapatkan usulan pengguna yang memiliki kesamaan minat, di beberapa bagian menu, misalnya (deals) juga akan muncul usulan topik.

Kemal juga menjelaskan beberapa pembaruan seperti, algoritma feed yang lebih dioptimasi, meski belum sempurna namun telah bisa menangani jumlah feed yang ada.

Rockto juga menyediakan fasilitas untuk menambahkan RSS blog, namun selain blog kini mereka juga menyediakan dua fasilitas yang sebelumnya saya tidak lihat, Deals dan Business Profile, sepertinya ini adalah beberapa tambahan fasilitas untuk menarik para pemilik bisnis menggunakan sarana rekomendasi Rockto untuk menyebarkan layanan mereka, di Business Profile Anda bisa mencantumkan informasi tentang bisnis Anda, pembuatan akun akan menunggu approval dari pihak Rockto.

Sedangkan Deals memungkinkan Anda untuk membagikan tautan penawaran dari bisnis Anda, Rockto juga menyediakan fasilitas untuk menyortir penawaran yang dibagikan di Rockto berdasarkan tanggal mulai atau berakhirnya penawaran. Kemal menjelaskan bahwa bisnis platform dari Rockto belum semuanya secara penuh diluncurkan namun sebagian telah bisa digunakan.

Dijelaskan Kemal, Rockto saat ini sudah memiliki lebih dari 3.000 pengguna yang cukup aktif, dengan statistik AWStats sebanyak 8.006.924 bulan Juni kemaren naik dari bulan Juni tahun lalu sekitar 2.214.006, unique user mereka sebanyak 300.000 per bulan Juni.

Cukup menarik untuk melihat beberapa perubahan yang terjadi, terutama yang berhubungan dengan personalisasi, seperti keterangan minat dan rekomendasi pengguna lain berdasarkan minat, ini bisa jadi menambahkan aktivitas dari sisi antar user. Deals dan Business Profile juga tampak menarik meski masih butuh waktu untuk bisa dikatakan berhasil karena belum teruji dan belum dirilis secara penuh.

Sayangnya ada satu bagian dari elemen desain yang diubah, yaitu bentuk ‘jari metal’ yang dulu memiliki porsi cukup besar kini menjadi lebih kecil, dan keterangan jumlah ‘rock’ juga berpindah posisi.

Rencana pengembangan yang akan dilakukan Rockto seperti yang dijelaskan Kemal saat ini adalah fitur offline recommendation untuk monetisasi, optimasi desain serta optimasi aplikasi Rockto untuk pengguna BlackBerry.

Anda pengguna Rockto.com? Bagaimana dengan versi terbaru dari Rockto.com ini, apakah Anda menyukainya atau ada beberapa bagian yang bisa dikembangkan lagi? Pendapat Anda bisa dituliskan pada kolom komentar.

 

Terbaru di DailySocial



Discussions

Advertisement

Advertise with us!

  

 



Cool Jobs

See pricing plan & benefits

Publish »

Terms & Condition

×